Recent Posts

Senin, 11 Februari 2013

9 comments

Share Koneksi PC ke Android

Kalian tahu USB tethering kan? Pengguna Android pasti lumrah dengan kata tersebut. Secara sederhana, USB tethering adalah membagi koneksi internet di suatu device ke device lain melalui media kabel USB. Biasanya kan pengguna Android menggunakan fitur itu untuk membagi koneksinya ke device lain seperti PC atau notebook. Nah, kali ini akan saya beritahu hal yang sebaliknya, yaitu membagi koneksi PC kita ke Android.

Berawal dari kegalauan saya dengan hp Samsung Galaxy Mini saya yang tanpa pulsa dan tanpa paket internet, namun saya punya koneksi Smartfren unlimited untuk sebulan kedepan di PC saya. Saya ingin koneksi PC saya dishare ke HP saya, karena saya gak punya kartu jaringan untuk menjadikan koneksi saya hotspot. Saya memutuskan googling dan menemukan artikel yang saya cari di XDA-developer. Linknya di sini. Akhirnya saya bisa menggunakan koneksi internet di hape saya.

Bagi yang malas membaca artikel berbahasa Inggris tersebut, biar saya jelaskan secara garis besar di sini. Tapi cara ini hanya berlaku untuk Handphone yang sudah di root dan menggunakan Stock ROM bawaan, karena saya coba menggunakan custom ROM dan tidak berhasil. Dan pastikan driver hape anda sudah terinstal.


Pertama, download dulu file ReverseTethering_3.02.zip yang di attach di bagian bawah postingan di link ini. Ekstrak hasil download tadi di drive manapun di PC/Laptop anda.

Kedua, pastikan USB Debugging di hape anda dicentangi, melalu Setting-> Applications-> Development-> USB Debugging

Ketiga, matikan notifikasi di Superuser hape anda, buka Superuser-> Preferences-> di bagian notifications, hilangkan centang pada notifications.

Keempat, buka hasil ekstrakkan file yang anda download di PC tadi, lalu koneksikan androidmu ke komputer melalui kabel data, jalankan file AndroidTool.exe. Lihat di bagian Select a Device, apakah sudah ada, jika ada, tinggal anda klik Connect. Di hape anda akan ada Superuser request, tap saja Allow. Akan ada program baru di menu anda berjudul USBTunnel.

Oh ya, karena google play dan beberapa aplikasi lain membutuhkan koneksi internet yang aktif, maka biarkan koneksi data di hape anda hidup, tapi jangan khawatir, koneksi yang dipakai tetap koneksi PC yang dishare. Sudah saya coba dan berhasil di Galaxy Mini.

Sekian, sampai jumpa di postingan berikutnya.

9 comments:

Staff Administrator mengatakan...

asyik dan seru ya sob...bagi2 koneksi hotspot..

Masnady mengatakan...

wah saya nggak punya galaxy mini sobat, saya pake android, tapi rendahan sobat wkwkwkwkwkw

Unknown mengatakan...

ya, kalau lagi gak daftar paket masih bisa koneksi :D

Unknown mengatakan...

galaxy mini juga low-end kok

Fauzan Hilmanda mengatakan...

Mengkoneksikan galmin nya step keberapa sih ? ane browsing pake opera emg gratis..trus jalan-jalan ke market ga bisa konek. suruh nge hidupin paket data.. setelah di hidupin eh malah kesedot.

Unknown mengatakan...

kok ane download dari google play tetep kepotong pulsanya.. caranya yg bener gimana?

Masmix01 mengatakan...

emang gak bisa.....

Unknown mengatakan...

klo hp mito a355 gimana tuh bos,?
gak bisa root tuh hp, kepala udah pusing gak bisa di root juga...
help me pliss....

Anonim mengatakan...

Kalau galaxi s4 setting usb debugging sama notivikasi superuse dimana ya,?��

Tulisan Populer

Category

Arsip Blog

Anda Pengunjung Ke

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Design by Dadang Herdiana